Emosi Dasar Dalam Diri Kita

Aku suinside-outka film, terutama film kartun disney. Karena hampir semua film kartun disney punya makna yang dalam dalam film-filmnya. Salah satunya “Inside Out”. Pasti uda liat donk film yang satu ini?

Wah kalau belum, wajib nonton deh hehehe. Sedikit review aja, film ini bercerita tentang bagaimana konflik yang terjadi dalam Riley, gadis muda yang merupakan tokoh utama film ini. Banyak hal atau ilmu di psikologi, yang tergambarkan di film ini. Mulai dari long-term memory & short-term memory, anchor dll. Nah kalau di film itu diceritakan ada 5 emosi yang ada pada diri seseorang. Tapi benarkah cuma ada 5 emosi itu pada diri kita?

Nah kebetulan kemarin sempat dapat sharing dengan mas Danton (a.k.a my boss) terkait emosi dasar manusia, yang katanya ada 6 menurut beberapa ahli. Yuk liat gambar berikut dan kita kenali emosi dasar yang ada dalam diri kita.

emotions_4

  1. Happy merupakan perasaan gembira dan bahagia, dimana kita mengalaminya ketika semua kebutuhan kita tercukupi atau kita merasa semua berjalan dengan baik. Perasaan optimis biasanya muncul karena happy berikut dan kadang kita jadi lebih terbuka.
  2. Sad merupakan gambaran perasaan ketika kita kehilangan sesuatu, entah itu orang yang kita sayangi, kesempatan yang berlalu atau sesuatu hal lain. Kita bisa merasakan sesuatu yang berat di dada kita dan rasanya ingin menangis. Something like that lah.
  3. Angry merupakan perasaan dimana batas-batas tertentu atau komitmen telah dilanggar. Semisal orang lain mengatakan yang tidak benar tentang keluarga anda, diselingkuhi orang yang anda sayangi, ditipu rekan bisnis atau mengalami ketidakadilan.
  4. Excited merupakan perasaan dimana kita akan mendapatkan sesuatu yang baik. Seperti perasaan kita saat akan menyambut natal, dimana energi kita akan meluap-luap bahkan sampai kita merasakan nervous.
  5. Scared adalah perasaan dimana kita merasa bahaya. Entah itu bahaya fisik atau bahaya akan berakhirnya sebuah hubungan. Galau termasuk dalam emosi ini.
  6. Tender adalah emosi yang membuat manusia itu sebagai makhluk sosial. Dimana perasaan ini melibatkan hubungan yang mendalam dengan orang lain. Kita akan merasakan ketenangan dan kelembutan ketika berada dengan seseorang yang kita sayangi. Atau merasa down ketika orang yang kita sayangi sedang sakit. Berdasarkan pengalaman, pada emosi ini menangis sangat sering terjadi.

Nah itu, 6 emosi dasar yang ada dalam diri kita. Kadang kita perlu iri pada anak kecil, bagaimana mereka bisa jujur dan melepaskan emosi mereka secara penuh. Contoh ketika mereka happy, mereka akan tertawa sekerang mungkin dan sementara orang dewasa akan bertanya “kenapa gitu aja kok ketawanya kenceng banget?” atau malah membatasi ekspresi emosi mereka dengan “jangan ketawa keras-keras”. Demikian juga saat anak kecil sedih.

Apa mungkin karena pengalaman, pengendalian diri dan faktor-faktor lain yang kadang membuat kita sebagai orang dewasa gak bisa mengungkapkan emosi kita secara penuh. Penulis pun seperti itu, so gak bisa jawab pastinya kenapa 🙂

Baca juga

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *