Mengelola Waktu dengan Efektif

aadc-line-reuni

Adalah cinta yang mengubah jalannya waktu.
karena cinta waktu terbagi menjadi dua, denganmu & rindu kembali ke masa

 

hehehe sepotong puisi dari film AADC versi Line. Tapi ada benernya juga sih puisinya rangga itu. Kalau banyak orang bilang cinta itu buta, ya menurutku orangnya aja buta dengan maknanya.

Cinta tidak membuat kita buta, tapi membuat kita berpikir dengan cara berbeda dari biasanya. Secara gak sadar, saat kita jatuh cinta waktu memang terbagi menjadi dua. Yang biasanya kita melakukan beberapa hal untuk pekerjaan, keluarga dll, maka kita perlu membagi waktu kita untuk bersama dia hehe.

So mengelola waktu dengan baik dan bijak sangat dibutuhkan. Dan ya kita perlu berpikir untuk menggunakan waktu kita berbeda dari biasanya. Nah kita bisa belajar dari bapak Dwight D. Eisenhower, yang mana dia membagi prioritas waktunya dalam 4 kuadran berdasarkan faktor urgent & important.

time-managementOk, kita mulai dari kuadaran 4 (not important & not urgent). Di kuadaran ini, banyak aktivitas yang bisa kita batasi. Contohnya nonton acara gosip, menurutku itu bener-bener gak penting & gak urgent. Ya seminggu sekali gapapa lah, tapi wasting time banget kalau tiap hari ngikuti acara gosip itu.

Lanjut kuadran 3 (urgent but not important), sesuatu yang harus kita kerjakan tapi sebenarnya gak penting. Contohnya angkat telepon, eh ternyata penawaran kartu kredit misalnya. Nah itu kan gak penting banget,  namun tetap kita harus segera angkat. Sebaiknya dihindari aktivitas ini dan langsung end aja hehe.

Kuadran 2 (important but not urgent) ini adalah kuadran paling penting dan kita harus fokus. Dimana kita biasanya akan mengerjakan hal-hal akan menghasilkan dampak yang besar di masa depan. Contohnya belajar atau menyusun rencana kerja dan target yang akan dicapai dalam beberapa waktu kedepan.

Kuadran 1 (urgent & important) adalah kuadran yang berisi aktivitas yang sangat penting dan harus dikerjakan secara cepat. Contohnya mengerjakan tesis dalam 1 bulan sebelum yudisum hahaha. Pada kuadran ini harusnya bisa dikelola atau diminimalisir apabila kita melakukan perencanaan pada kuadran 2 dengan baik. Setiap hal penting yang tidak direncanakan dengan baik, maka akan menjadi bagian dari kuadran 1.

Tentu saja apa yang paling penting dan paling mendesak bagi setiap orang berbeda-beda, so selamat mengelola waktu dengan lebih bijak 🙂

 

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *